Sen. Sep 16th, 2024

Makanan Khas Yogyakarta

rawatanpbn.id Makanan Khas Yogyakarta terkenal dengan beragam makanan khas yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa makanan khas Yogyakarta yang wajib di coba. Baca juga artikel sebagai berikut : Kumpulan Sejarah

1. Gudeg

Gudeg adalah makanan ikonik Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang di masak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya di sajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, tahu, dan sambal krecek.

2. Bakpia Pathok

adalah kue kecil berbentuk bulat yang terbuat dari tepung dengan berbagai isian, seperti kacang hijau, cokelat, keju, atau durian. Pathok adalah varian yang paling terkenal.

3. Sate Klathak

Sate ini berbeda dari sate pada umumnya karena menggunakan tusuk besi dan hanya di bumbui dengan garam. Daging kambing yang di gunakan biasanya di potong besar-besar dan di sajikan dengan kuah gulai.

4. Krecek

Krecek adalah sambal yang terbuat dari kulit sapi yang di masak dengan cabai, rempah-rempah, dan santan. Biasanya menjadi pelengkap dalam hidangan gudeg.

5. Nasi Kucing

Nasi kucing adalah porsi kecil nasi dengan berbagai lauk seperti sambal, ikan teri, dan tempe. Biasanya di jual di angkringan, tempat makan pinggir jalan yang khas di Yogyakarta.

6. Oseng-Oseng Mercon

Oseng-oseng mercon adalah tumisan daging sapi atau kikil yang sangat pedas, menggunakan banyak cabai rawit sebagai bumbunya. Namanya mercon karena rasanya yang “meledak” di mulut.

7. Tiwul

Tiwul adalah makanan pengganti nasi yang terbuat dari singkong. Di Yogyakarta, tiwul sering di sajikan dengan gula kelapa atau parutan kelapa.

8. Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman hangat yang terdiri dari bola-bola ketan berisi kacang, kolang-kaling, roti, dan jahe. Minuman ini sangat cocok di nikmati saat malam hari.

9. Jadah Tempe

adalah camilan yang terdiri dari jadah (kue ketan) dan tempe bacem. Jadah yang kenyal di padukan dengan tempe yang manis dan gurih.

10. Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng khas Kalasan ini di masak dengan bumbu kelapa dan rempah-rempah, kemudian di goreng hingga renyah. Di sajikan dengan sambal dan lalapan.

Jika kamu berencana berkunjung ke Yogyakarta atau ingin mencoba membuat salah satu dari makanan khas tersebut di rumah, aku bisa memberikan resep atau rekomendasi tempat makan di Yogyakarta!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *